• Global Network
  • Customer Support:

Call Us : 0361-8466773

Email : sales@acdaikin.com

14
Jun

Sebagai salah satu Dealer Resmi AC Daikin atau Agen Resmi AC Daikin, kami dipercaya dalam pengadaan unit AC Daikin Split Wall maupun AC Daikin Inverter untuk keperluan proyek. Ada 14 unit AC yang kami kirim, diantaranya:

  • 4 unit AC Daikin Split Wall 1,5 PK Type ST35D
  • 3 unit AC Daikin Split Wall 2 PK Type ST50FV
  • 2 unit AC Daikin Inverter 1/2 PK type STK15JEVM
  • 5 unit AC Daikin Inverter 1 PK type STKD25D

Jika Anda membutuhkan unit AC Daikin untuk keperluan proyek, silakan hubungi Tim Marketing AC Daikin dibawah ini: continue

Category : Proyek | Blog
10
Jun

Kebutuhan AC saat ini memang harus untuk menunjang kinerja diperkantoran agar lebih nyaman. Diperumahan pun demikian, keberadaan AC sangat dibutuhkan yang ujung-ujungnya adalah demi kenyamanan. Untuk produk Daikin, ada banyak jenis dan macam AC yang mungkin (perlu) Anda ketahui diantaranya AC Split Wall, AC Cassette, AC Split Duct, AC Inverter, AC Floor Standing, hingga AC VRV. Dari jenis AC tersebut masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan, jadi apabila memerlukan AC maka harus diperinci jenis AC yang mana yang sesuai dengan kebutuhan.

AC Split Wall

AC Split WallPada AC jenis split komponen AC dibagi menjadi dua unit yaitu unit indoor yang terdiri dari filter udara, evaporator dan evaporator blower, expansion valve dan controll unit, serta unit outdoor yang terdiri dari compresor, condenser, condenser blower dan refrigerant filter. Selanjutnya selanjutnya antara unit indoor dengan unit outdoor dihubungkan dengan 2 buah saluran refrigerant, satu buah untuk menghubungkan evaporator dengan compressor dan dan satu buah untuk menghubungkan refrigerant filter dengan expansion valve serta kabel power untuk memasok arus listrik untuk compressor dan condenser blower.

Kelebihan AC split Wall :

  • Bisa dipasang pada ruangan yang tidak berhubungan dengan udara luar, misalnya pada ruangan yang posisinya ditengah pada bangunan Ruko, karena condenser yang terpasang pada outdoor bisa ditempatkan ditempat yang berhubungan dengan udara luar jauh dari ruangan yang didinginkan.
  • Suara didalam ruangan tidak berisik.

Kekurangan AC split Wall:

  • Pemasangan pertama maupun pembongkaran apabila akan dipindahkan membutuhkan tenaga yang terlatih.
  • Pemeliharaan/perawatan membutuhkan peralatan khusus dan tenaga yang terlatih.
  • Harganya lebih mahal.

AC Cassette

AC CassetteJenis AC Cassette ini, indoornya menempel di plafon. jenis AC Cassette dengan berbagai ukuran mulai dari 1.5pk sampai dengan 6pk.
Cara pemasangan ac ini memerlukan keahlian khusus dan tenaga extra, tidak seperti memasang ac rumah atau ac split, yang bisa dipasang sendirian

AC Split Duct

AC Split Duct merupakan AC yang pendistribusian hawa dinginnya menggunakan Sistem Ducting. Ini artinya, AC Split Duct tidak memiliki pengatur suhu sendiri-sendiri melainkan dikontrol pada satu titik!. Tipe AC ini biasanya digunakan di Mall  atau gedung-gedung yang memiliki ruangan luas.

AC Split Duct

AC Split Duct tidak pernah terlepas dari sistem Ducting yang merupakan bagian penting dalam sistem AC sebagai alat penghantar udara yang telah dikondisikan dari sumber dingin ataupun panas ke ruang yang akan dikondisikan. Perkembangan desain ducting untuk AC hingga saat ini sangat dipengaruhi oleh tuntutan efisiensi, terutama efisiensi energi, material, pemakaian ruang, dan perawatan.

Kelebihan:

  • Suara didalam ruangan tidak berisik sama sekali.
  • Estetika ruangan terjaga, karena tidak ada unit indoor.

Kekurangan:

  • Perencanaan, instalasi, operasi dan pemeliharaan membutuhkan tenaga yang betul-betul terlatih.
  • Apabila terjadi kerusakan pada waktu beroperasi, maka dampaknya dirasakan pada seluruh ruangan.
  • Pengaturan temperatur udara hanya dapat dilakukan pada sentral cooling plant.
  • Biaya investasi awal serta biaya operasi dan pemeliharaan tinggi.

AC Inverter

AC Inverter merupakan jenis AC Split yang menggunakan teknologi inverter. INVERTER yang terdapat di dalam unit AC merupakan alat/komponen untuk mengatur kecepatan motor-motor listrik. Disini INVERTERnya terdiri dari Rectivier dan Pulse-width modulator, dengan menggunakan INVERTER motor listrik menjadi variable speed, kecepatannya bisa diubah-ubah atau disetting sesuai dengan kebutuhan. So, dibandingkan AC Split biasa, type AC Inverter lebih hemat listrik ± 60%.

Inverter Daikin

AC Floor Standing

AC Floor StandingAC Floor Standing sesuai namanya merupakan AC yang unit indoornya berdiri/duduk dan bisa dipindah-pindah sesuai dengan keinginan kita. Unit AC ini memiliki daya 3 pk – 5 pk, dan kebanyakan dipakai untuk acara-acara indoor yang memerlukan unit pendingin secara mendesak. Karena simple dan mudah dibawa kemana-mana, maka banyak orang yang menyewakan model AC jenis ini.

AC VRV

AC VRV DaikinNah ini dia AC tercanggih saat ini. AC VRV Daikin memiliki satu outdoor dan beberapa unit indoor dengan berbagai tipe seperti split wall, cassete, floor standing, dll. Daikin VRV telah digunakan lebih dari 25 tahun di seluruh dunia, dan telah digunakan di Indonesia, lebih dari 15 tahun.

FYI.

VRV = Variable Refrigerant Volume merupakan sistem kerja refrigerant yang berubah-ubah. VRV system adalah sebuah teknologi yang sudah dilengkapi dengan CPU dan kompresor inverter dan sudah terbukti menjadi handal, efisiensi energi, melampaui banyak aspek dari sistem AC lama seperti AC Sentral, AC Split, atau AC Split Duct. Jadi dengan VRV System, satu outdoor bisa digunakan untuk lebih dari 2 indoor AC serta dapat mengatur jadwal dan temperatur AC yang diinginkan secara terkomputerisasi. Mantaf.. canggihnya

Jadi sudahkah Anda memilih salah satu jenis AC Daikin diatas?

 

Salam,

Tim Marketing AC Daikin

Category : Tahukah Anda | Blog
16
Feb

Hemat Listrik! merupakan salah satu keunggulan AC Inverter Daikin dibanding tipe lainnya. Dengan hemat listrik berarti dapat menghemat energi. Nah, berikut adalah fitur teknologi hemat energi pada AC Inverter merk Daikin diantaranya:

1. Swing Compressor

Berkat putaran yang halus, Swing compressor mengurangi gesekan dan getaran. Ini juga mencegah kebocoran gas pendingin selama kompresi. Keuntungan ini menghasilkan operasi yang hening dan efisien.
Swing Compresor Inverter Daikin
Swing Compresor

2. Reluctance DC Motor untuk Kompresor

Model DC Inverter Daikin dilengkapi dengan Reluctance DC motor untuk kompresor. Reluctance DC motor ini menggunakan 2 tipe torsi berbeda, magnet Neodymium dan torsi reluctance. Motor ini dapat menghemat energy karena menghasilkan daya lebih besar dengan daya listrik lebih kecil dibanding motor AC atau motor DC konvesional. Lebih efisien pada frekuensi rendah yang biasa digunakan pada air conditioner, meningkatkan efisiensi sampai sekitar 20%.
Reluctance DC Motor
Efisiensi reluctance DC Motor

3. DC Motor untuk Kipas

DC motor membuat control putaran yang baik, hingga mengurangi konsumsi energy. Motor ini juga menghasilkan peningkatan pada efisiensi operasional hingga 40%, dibandingkan dengan motor AC. Peningkatan ini dapat diperhatikan pada kisaran kecepatan rendah.
DC Motor

4. Control PAM

Control PAM (Pulse Amplitude Modulation – Modulasi Amplituda Pulsa) mengurangi hilangnya energy dengan mengontrol seberapa sering converter akan nyala dan mati.
Pam Control

5. Sensor Mata

Sensor Mata (Intelligent Eye) mencegah terbuangnya energy, dengan menggunakan sensor infra merah untuk mendeteksi pergerakan manusia di dalam ruangan. Ketika tidak ada pergerakan, sensor mata akan menaikan/ seting temperaturnya 2 oC untuk penghematan energy lebih. Ini dapat mengurangi energy yang terbuang, ketika anda lupa mematikan AC.
Sensor Mata

Semua model dari 2,5 sampai 7.1 kW dilengkapi dengan sensor mata. Fungsi ini dapat dengan mudah diaktifkan dari remot control.
Indikator sensor mata

6. Mode Econo

Fungsi ini membatasi arus kerja maksimum dan konsumsi daya maksimum hingga 70% dari operasi normal. Ini biasanya efektif jika kerja pendinginan tinggi, contohnya pada saat baru mulai operasi atau penarikan tenaga awal dan saat terkena sinar matahari langsung.

Disaat yang sama mempertahankan kapasitas maksimum 80% saat normal, memberikan peningkatan efisiensi kerja meskipun dengan waktu cukup lama untuk mencapai temperature yang diinginkan.

Mode Econo juga berguna untuk mencegah sekering kelebihan beban, pada saat kenaikan arus. Fungsi ini dapat dengan mudah diaktifkan dengan menekan tombol Econo pada remot control. Mode Econo tersedia pada Model AC FTKD25/35D.
Mode Econo
Remot sensor mata

Category : AC Inverter | Blog
9
Feb

Menyambung artikel “AC Inverter Daikin – Kecanggihan Penampilan dengan Panel Datar“, AC Inverter Daikin juga tidak lepas dari penggunaan teknologi DC Inverter.

Keunggulan seri DC Inverter dengan motor DC untuk kompresor dan motor DC untuk kipas dapat dilihat pada contoh AC Daikin Inverter, FTKD25D mencapai COP 3.45 adalah 22% lebih tinggi dari model konvensional. Ini merupakan peningkatan dari AC inverter konvensional ke DC Inverter teknologi yang lebih maju.

Coba lihat gambar perbandingan dibawah ini….
Perbandingan AC Inverter Daikin

Dari gambar diatas terlihat bahwa COP untuk AC Inverter Daikin tipe baru ternyata lebih tinggi dibanding tipe lama.  Ini menunjukkan pihak Daikin tetap selalu melakukan penyempurnaan dan inovasi untuk teknologi tinggi penghematan energy, swing kompresor dan control PAM yang lebih maju pada AC Inverter.

Anyway,..busway…by theway… :D COP itu apa sich?

COP atau Coefficient of Performance merupakan nilai efisiensi dari sebuah mesin pendingin termasuk AC. COP didapatkan dari perbandingan antara Kapasitas Pendinginan (Qo) dgn Konsumsi Arus Kompressor (W) yang dapat dirumuskan sebagai berikut:

COP = Qo /W

Dari rumus diatas dapat diartikan: Semakin besar nilai COP, semakin effisien sebuah mesin pendingin dimana Konsumsi Arus Kompresor (W) juga akan semakin kecil.

Terus bagaimana cara melihat atau menghitung nilai COP dari sebuah unit AC?

Sebagai contoh: ;)
di unit AC Split Wall 1 PK tertulis 9000 btu/h.
itu artinya jika Kompresor dengan daya 1 PK akan menghasilkan pendinginan sebesar 9000 btu/h.

Konversi:
1pk = 0.746 kW
1btu/hr = 0.000293071kW

Jadi jika AC memiliki kapasitas pendinginan 9000 btu/h dgn daya input 1 PK
maka:

COP
= (9000 x 0.000293071) / 0.746
= 2.638 / 0.746
= 3.54

Bagaimana? apakah sudah paham mengenai COP..? Jadi jika Anda membeli unit AC, ada baiknya dipertimbangkan nilai COP ini. Ok.. ;)

Oya..lupa satu hal :D .. mengenai apa itu DC Inverter.

Daikin menyebut model Inverter yang dilengkapi motor DC sebagai Inverter DC. Motor DC menghasilkan efisiensi lebih tinggi dibanding motor AC. Motor DC menggunakan kekuatan magnet untuk menarik dan menolak untuk menghasilkan putaran. Motor DC yang dilengkapi dengan magnet Neodymium berkekuatan tinggi, yang dapat memberikan efisiensi lebih besar, disebut dengan motor DC Reluktansi.

Category : AC Inverter | Blog
3
Sep

Apakah Anda butuh AC DAIKIN? Dengan harga AC murah, kompetitif, dan berkualitas pula,…. hmmmm…. Kami adalah solusinya…

Sebagai Agen Resmi AC DAIKIN Indonesia, Kami menawarkan produk layanan berupa pengadaan unit baru AC DAIKIN untuk semua type seperti AC Inverter DAIKIN, AC VRV System DAIKIN, AC Split Wall DAIKIN, AC Split Duct DAIKIN, AC Cassete DAIKIN, AC Sentral DAIKIN, dll. continue

Category : Tahukah Anda | Blog
29
Jun

Tahukah Anda bahwa Air Conditioner (AC) adalah penyumbang tagihan listrik terbesar? Jika tidak percaya, coba perhatikan billing dari PLN di rumah Anda yang memiliki pendingin ruangan. Namun, kini Anda tidak perlu khawatir setelah ditemukan teknologi inverter. Teknologi canggih di AC itu mampu menghemat pemakaian listrik hingga 50%.

Selain hemat energi, manfaat teknologi inverter adalah dingin ruangan lebih cepat. Temperatur ruangan dapat dicapai 1,5 kali lebih cepat ketimbang AC biasa. Pun, kontrol kekuatan bersifat fleksibel. Pada saat kekuatan maksimun, suhu ruangan akan lebih dingin dan saat kekuatan minimum suhunya memberikan kenyamanan penghuni ruangan. continue

Category : Tahukah Anda | Blog